Cara Memperbaiki Layar Viewfinder Kamera DSLR Canon Blur Burem

Halo teman-teman, pada postingan kali ini saya ingin berbagi panduan bagaimana cara mengatasi tampilan gambar yang ada pada viewfinder terlihat blur atau burem.

View Finder adalah sebuah layar jendela bidik kecil yang ada pada kamera, biasanya digunakan pada saat kondisi tertentu, misalnya siang-siang dengan kondisi cahaya ruangan terang, sehingga kita sulit kalau melihat dari layar lcd utama, jadi dengan melihat di viewfinder maka tampilan lebih jelas, dan tidak silau.

View Finder ada 2 jenis, Electronic dan Cermin. Keduanya memiliki fungsi yang sama, bedanya kalau yang electronic itu menggunakan layar lcd/led, sedangkan cermin itu menggunakan pantulan kaca menuju lensa.

Oke, lanjut ke pokok permasalahan yaitu : Cara Memperbaiki Layar Viewfinder Kamera DSLR Canon Blur Burem

Salah satu penyebab tampilan viewfinder burem atau blur adalah karena pengaturan dioptri/knop -/+ sudah diputar, knop ini digunakan untuk mengatur menyesuaikan dengan kondisi mata pengguna, misal jika ada yang menggunakan kamera ini dengan kondisi mata minus, maka bisa mengatur knop/dial ini ke arah minus, sesuai dengan kondisi mata.

Knop Dioptri Kamerana

Solusinya : Putar knop tersebut ke arah -/+ sambil kita melihat di viewfinder, lihat sampai tulisan/gambar terlihat jelas tidak blur.

Jadi kesimpulannya kalau viewfinder blur/burem, bukan berarti rusak ya, bisa saja hanya karena knop/dial pengatur dioptrinya berubah tidak sesuai dengan kondisi mata kita.

Semoga bermanfaat.

Facebook
WhatsApp
Email
Print

Dapatkan Info Terbaru ke Email (Gratis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LOGIN