Perbedaan Lensa Canon EF dan EF-S

Hai teman-teman, pada postingan kali ini kita akan belajar memahami istilah Lensa Canon EF dan Lensa Canon EF-S. Istilah ini akan muncul pada lensa kamera dslr canon. Biar tidak bingung, yuk langsung aja kita bahas.

Apa itu EF?

EF merupakan standar mounting lensa untuk kamera canon DSLR/SLR yang dikenalkan pada 1987. EF sendiri kepanjangan dari “Electro-Focus”. Istilah ini kemudian lebih dikenal dengan EF Lens Mount.

Kemudian pada tahun 2003, Canon mengenalkan kembali istilah baru yang diberi nama EF-S, setelah sebelumnya hanya EF. Kemudian tahun 2012 canon mengenalkan lagi EF-M, tapi kali ini kita akan bahas bedanya EF dan EFS saja yah.

Penjelasan Apa itu EF dan EF-S?

EF dan EFS Adalah Jenis Lensa Untuk Sensor APSC dan Full Frame

EF Lens merupakan jenis lensa yang bisa digunakan pada kamera canon yang menggunakan sensor Full Frame, misalnya tipe canon 5D MK II, Canon 6D, dan sejenisnya. Selain itu lensa ini juga bisa digunakan pada kamera APS-C.

Sedangkan

EF-S Lens merupakan jenis lensa yang hanya bisa digunakan pada kamera canon yang menggunakan sensor APS-C saja, misalnya canon 60d, canon 1100d, canon 1200d, canon 7d, dan sejenisnya, serta tidak bisa digunakan di kamera dengan sensor full frame.

Apa jadinya kalau lensa EF-S dipasang dikamera fullframe? Maka hasil foto akan bermasalah, yaitu pada gambar akan muncul vignet bagian hitam pada tiap sudut.

Jadi, kalau teman-teman lihat di body lensa kamera ada tulisan EF, artinya lensa tersebut bisa digunakan di kamera dengan sensor full frame ataupun aps-c, tetapi kalau tulisannya EF-S maka hanya bisa di body kamera aps-c saja.

Sumber artikel : Apa Bedanya Lensa Canon EF dan Canon EF-S

Baiklah teman-teman, itulah pembahasan kita seputar apa itu lensa ef dan ef-s, semoga bermanfaat.

Facebook
WhatsApp
Email
Print

Leave a Comment